Kerja Malam Hari
Image via greenworldglobal.web.id

Saran Untuk Anda Yang Suka Kerja Malam

Kadang karena tuntutan pekerjaan mengharuskan Anda harus kerja malam. Misalnya saja kerja menjadi satpam, atau bekerja menjadi admin online sebuah perusahaan.

Kalau Anda tak terbiasa bekerja di malam hari pasti akan kaget dan tentunya cepat ngantuk. Dampaknya ya di kesehatan tubuh. Tapi yang terpenting adalah bagaimana mengatur pola hidup dikala Anda memang harus bekerja di malam hari.

Dari segi waktu istirahat jelas akan berubah. Dari yang normalnya tidur waktu malam hari, dirubah jadi siang hari. Ini jelas sangat berlawanan dengan jam biologis manusia secara normalnya.

Untuk itu, gaya hidup Anda perlu dirubah jika tak ingin terserang berbagai penyakit. Karena ada penelitian yang mengemukakan bahwa seorang pegawai yang bekerja pada malam hari selama 3 hari atau lebih dapat berpotensi terkena penyakit diabetes tipe 2. Tuh…apa nggak serem…

Maka dari itu sebaiknya Anda mengikuti saran-saran yang ada di bawah ini agar dalam aktifitas kerja malam Anda tetap membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.

#Atur Pola Makan

Pola makan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Pola makan bukan saja soal jam makan, tapi juga apa yang Anda makan. Perbanyakan makanan yang bernutrisi dan memiliki kandungan vitamin yang banyak. Usahakan selalu makan sayuran dan buah-buahan. Kalau bisa sih justru kurangi konsumsi vitamin yang berupa kapsul. Cukup ambil vitamin dari sayuran dan buah-buahan saja.

Bacalah : 8 Makanan Ini Baik Bagi Otak dan Mampu Meningkatkan Produktivitas Kerja

#Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sangat banyak manfaatnya. Dengan rutin konsumsi air putih, tubuh Anda akan tetap segar dan tentunya akan membuat ginjal tetap sehat. Apalagi kalau kerjaan Anda di waktu malam kebanyakan duduk dan di depan komputer, minum air putih yang banyak sangat disarankan.

#Jangan Minum Kopi Berlebih

Mentang-mentang kerja malam terus Anda minum kopi yang banyak biar tetap melek. Eits tunggu dulu, kebanyakan kafein juga tak baik buat kesehatan. Apalagi jika Anda punya penyakit maag, wah asam lambung bisa cepat naik. Boleh minum kopi tapi cukup satu cangkir saja per hari. Lagi pula kalau terlalu banyak minum kopi justru akan membuat Anda dehidrasi lho.

#Jangan Minum Minuman Energi

Minuman berenergi sangat tidak disarankan bagi Anda yang kerja malam. Minuman energi sebenarnya tak sehat untuk dikonsumsi. Selain akan berdampak pada kesehatan ginjal, kandungan gula minuman energi juga sangat tinggi. Masih ingat dengan kematian seorang Copywriter yang lembur terus konsumsi minuman berenergi itu?

Jadi jangan sekali-kali minum minuman berenergi saat jam kerja malam.

#Jangan Makan Gorengan

Siapa sih yang nggak doyan gorengan. Semua orang pasti suka kalau sudah disuguhi gorengan. Tapi buat yang sering kerja malam, lebih baik menghindari yang namanya gorengan. Gorengan memiliki kandungan minyak yang banyak, dan itu tidak baik untuk proses pencernaan Anda. Kandungan minyaknya juga akan membuat Anda cepat lelah, kan nggak seru kalau kerja di malam hari tapi cepet lelah.

Dan yang lebih berbahaya lagi, kandungan minyak yang berlebih tidak baik untuk kesehatan jantung.

#Bergeraklah Agar Otot-Otot Tidak Kaku

Bekerja di malam hari itu biasanya tak banyak orang, itu yang kadang membuat suasana menjadi sepi. Tapi meskipun sepi, Anda jangan hanya berdiam diri. Berkelilinglah di kantor atau lakukan gerakan-gerakan yang bisa membuat badan menjadi tidak tegang. Selain membuat otot tidak kaku, dengan banyak gerak juga menjauhkan diri dari rasa kantuk. Sehingga pikiran kembali fresh meski kerja di malam hari.

Baca juga: 5 Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Di Kantor

#Tidur Yang Cukup

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa kalau kerja malam itu siklus tidur akan berubah. Siang jadi malam, malam jadi siang. Usahakan waktu siang hari Anda gunakan untuk tidur yang cukup. Awalnya memang berat karena tak terbiasa, tapi setelah Anda coba pasti akan terbiasa. Jangan sampai Anda kurang tidur, nanti endingnya Anda akan sakit.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...