Tetap Produktif Kerja
(c) http://3plusinternational.com

Jadilah Pegawai Yang Tetap Produktif di Segala Musim

Sebagai seorang karyawan, tentu saja menjadi kewajiban untuk tetap produktif dalam segala kondisi. Untuk tetap produktif, tentu saja memiliki kaitan erat dengan kesehatan. Yup, menjaga kesehatan agar tetap produktif di segala musim merupakan topik bahasan kita kali ini. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa ketika musim hujan, tingkat kehadiran karyawan di tempat kerja cenderung menurun. Ada beberapa hal yang mempengaruhi, mulai dari keterlambatan, cuti, sakit, dan ijin.

Sangat disayangkan jika karena kondisi tubuh yang kurang fit membuat Anda terpaksa menunda pekerjaan sehingga mengganggu rentetan schedule yang Anda miliki. Saya akan membagikan berbagai macam tips agar Anda dapat tetap produktif di segala musim. Berikut tipsnya:

1.Rajin Olahraga

Tidak ada salahnya untuk menggerakkan tubuh secara rutin. Bukan bertujuan untuk membakar kalori, namun untuk memperlancar aliran darah, sehingga sirkulasi tubuh dapat tetap terjaga. Olahraga secara rutin dapat mengurangi nyeri badan yang seringkali diakibatkan oleh peredaran darah yang kurang lancar.

2.Biasakan untuk makan teratur

Makan teratur, terdengar mudah, namun cukup sulit dilakukan. Apalagi menjaga asupan makanan yang masuk ketubuh kita. Pastikan kebersihan makanan menjadi fokus utama. Setelah itu, fokuskan kepada asupan makanan seperti vitamin, serat, intinya kebutuhan gizi dapat terpenuhi sekitar 80% agar kondisi tubuh tetap fit. Mengapa 80% karena seringkali kebanyakan dari kita tidak memasak makanan sendiri, dan mengandalkan warung-warung sekitar.

3.Tidur cukup

Pastikan tidur yang Anda lakukan adalah tidur yang berkualitas. Tidak harus 8 jam, namun berkualitas jika memang Anda merupakan seorang karyawan yang memiliki jadwal kerja yang padat. Namun bagi Anda karyawan yang cukup memiliki waktu untuk beristirahat, pastikan istirahat sesuai dengan alur jam metabolisme tubuh.

4.Jangan lupa suplemen

Kita tidak bisa menjamin asupan yang masuk ke dalam tubuh, namun tidak ada salahnya untuk menambahkan suplemen seperti vitamin C atau mungkin suplemen lain untuk menunjang daya tahan tubuh.

5.Sedia payung sebelum hujan

Pastikan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai musim. Mulai dari membawa baju cadangan jika Anda terbiasa berangkat kerja menggunakan kendaraan roda dua. Agar Anda dapat berganti baju jika kehujanan. Membawa perbekalan makanan ringan di dalam mobil untuk menghindari kelaparan akut jika Anda terjebak macet di jalan saat hujan lebat.

6.Gunakan kelengkapan berkendara

Untuk kendaraan roda dua, pastikan Anda menggunakan helm, masker, dan jaket yang dapat menahan angin dan debu yang mungkin bisa menerobos masuk ke dalam tubuh Anda. Dan tentu saja jangan lupa membawa jas hujan karena saat ini cuaca memang sedang tidak menentu. Bagi Anda pengendara roda empat, pastikan membawa dongkrak, roda cadangan, dan peralatan mekanik lainnya. Dan tentu saja jangan lupa untuk membawa payung jika sewaktu-waktu hujan, Anda dapat keluar dari mobil untuk menuju tempat tujuan.

7.Kurangi stress, perbanyak rekreasi

Stress dapat memicu menurunnya kondisi tubuh. Dalam istilah psikologis ada yang namanya psikosomatis dimana kondisi tubuh yang sakit dikarenakan faktor tekanan psikologis yang dialami. Dan, ketika diperiksakan, faktanya adalah kondisi tubuh normal, namun Anda merasa sakit. Jadi, kurangi stress, dan carilah hiburan ataupun rekreasi ringan. Sisihkan sedikit dana yang Anda miliki untuk kegiatan ini.

Demikianlah, selamat beraktifitas, keep healthy and productive…

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...