Bekerja Harus Profesional Tapi
Image via ballantyneexecutivesuites.com

Bekerja Harus Profesional, Tapi Kesehatan Lebih Vital

Ada pepatah mengatakan, “Manusia itu aneh. Mereka rela mengorbankan kesehatannya hanya demi uang, tetapi juga rela mengorbankan uangnya demi kesehatan“. Sudah pernah liat orang gila kerja? Dari hari Senin sampai Minggu nggak ada liburnya, pergi pagi pulang malam?

Aku mengerti, kita bekerja memang untuk bertahan hidup di dunia ini dan untuk menghidupi keluarga. Tapi..tapi..kita sendiri kan juga perlu hidup yang sebenarnya? Kita nggak mungkin selamanya hanya untuk bekerja terus.

Kerja itu memang harus profesional, ya harus. Tapi akan lebih baik lagi di profesional dalam bekerja di dukung oleh kesehatan yang prima. Untuk itu jangan paksakan diri mu hanya untuk sebuah pekerjaan. Aturlah waktumu, bagilah waktumu untuk bekerja, beribadah, berkumpul dengan keluarga, piknik dan lain-lain. Sehingga kamu benar-benar hidup dalam sebuah kehidupan.

Jika saat ini kamu termasuk orang gila kerja, lebih baik lakukan hal ini.

1. Pindah Kerja Sekarang Juga

Kadang kita bekerja dari pagi sampai malam, Senin sampai Senin lagi, itu karena kebijakan dan tuntutan tempat dimana kita bekerja. Untuk itu, demi menjaga keutuhan kesehatanmu, carilah pekerjaan yang lebih memanusiakanmu. Ingat, Memanusiakanmu!. Karena manusia itu tidak hanya butuh kerja saja. Segera ajukan resign dan carilah pekerjaan barumu. Yakinlah, selama kita mau berusaha pasti akan mendapatkan pekerjaan yang cocok untuk kita. Jangan paksakan tenaga dan kesehatanmu.

2. Jangan Bawa Masalah Kantor Ke Rumah

Kerja sehari full memang membuat otak jadi semrawut. Apalagi kalau di kantor lagi ada masalah, waduh tambah kacau, tambah stress. Untuk itu jadikan rumah dan keluarga buat peredam kepenatanmu itu dengan tidak membawanya masalah kantor ke rumah. Ketika sudah berada di depan rumah, lupakan urusan kantor dan fokuslah melihat keluarga mu menanti kedatangmu dengan penuh kebahagian. Ingat, menjaga kesehatan tidak hanya fisik saja, tetapi jauh dari itu lebih penting menjaga kesehatan rohani, pikiran dan psikologis kamu. Dengan pikiran yang sehat, jernah dan positif, maka akan berdampak pada perilaku fisik yang positif.

3. Selesaikan Pekerjaan Tepat Waktu

Sebagai pekerja yang profesional, kita harus mengerjakan segala job desk kita sesuai dengan targetnya. Akan lebih baik jika segera diselesaikan agar cepat kelar. Karena kalau sampai ditunda-tunda tentu yang menjadi tersiksa ya kita sendiri. Ujung-ujungnya tidur di kantor karena nglembur dikejar deadline. Kesehatanmu bakal kacau, baik pikiran maupun fisik.

4. Jangan Lupa Makan

Biasanya kalau kebanyakan kerja jadi lupa makan. Yang dibanyakin malah minum kopi. Pliss..mulai sekarang jangan sering-sering ngopi. Lebih baik atur pola makan yang benar, jangan sampai telat dan ngemil buah-buahan segar. Telat makan selain bikin kamu sakit maag, juga bisa membuatmu kurang konsentrasi. Alhasil pekerjaan pun tidak bisa diselesaikan dengan sempurna.

Jadi, kamu boleh saja bekerja secara profesional. Tapi orang yang profesional itu bisa membagi waktu agar memberikan manfaat baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Jangan paksakan kesehatanmu hanya demi uang. Yakinlah, Tuhan memiliki banyak cara untuk bisa memberimu rejeki. Tidak hanya melalui uang, tetapi bisa yang lain, seperti kesehatan, keluarga yang tentram, disukai rekan kantor, deal proyek, dan masih banyak lagi.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...