Lembur di Kantor
(c) http://www.cosmopolitan.co.id/

Anda Sering Lembur? Ini Bahayanya!

Sebagai seorang pegawai, Anda pasti akrab dengan istilah lembur. Lembur atau yang sering disebut dengan over time biasanya sering dilakukan oleh karyawan kantoran karena pekerjaan yang belum terselesaikan. Ada juga yang lembur karena ingin cepat terselesaikan alias dikejar deadline.

Rasanya jam kerja normal hanya sekedar teori belaka jika pekerjaan memang belum terselesaikan. Waktu lembur pun tidak menentu. Bagusnya jika Anda tetap diberikan uang tambahan saat lembur dari perusahaan. Namun ada juga perusahaan yang tidak memberikan jatah uang lembur sepeser pun kepada pegawainya.

Namun ternyata, kebiasaan lembur atau gila kerja bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Apa saja bahaya lembur? Berikut beberapa bahaya lembur yang harus Anda waspadai.

1.Pola makan menjadi tidak teratur

Bagi orang yang gila kerja atau workaholic, banyaknya kerjaan yang menumpuk sering membuat mereka lupa makan. Tentu saja hal ini akan memengaruhi pola makan menjadi tidak teratur. Jika sudah seperti ini, beberapa penyakit bisa mudah menyerang, misalnya saja sakit maag yang ditimbulkan karena telat makan. Selain itu, kegiatan lembur juga biasanya sering membuat banyak orang jadi malas makan makanan yang berat. Dan akhirnya lebih memilih makanan cepat saji yang sudah jelas tidak sehat bagi tubuh.

2.Kurang tidur

Bekerja dengan keras dan lupa waktu biasanya sering membuat orang menjadi kurang tidur, bahkan ada juga yang sampai sulit tidur karena masih terus kepikiran dengan pekerjaan yang belum selesai. Padahal kurang tidur bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan seperti obesitas, sulit berkonsentrasi, hingga gangguan ingatan.

3.Kurang olahraga

Banyak orang yang sibuk bekerja kemudian tidak pernah atau jarang berolahraga. Alasannya karena tidak ada waktu yang kosong untuk berolahraga. Padahal olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh ke depannya.

4.Risiko terkena stroke lebih tinggi

Kebiasaan lembur bisa membuat risiko terkena stroke menjadi lebih tinggi, yaitu tiga kali lipat dibandingkan dengan orang yang bekerja secara normal. Beberapa pakar dari The Lancet Medical Journal meneliti bahwa orang yang bekerja 3 jam lebih lama dari waktu yang normal berisiko terkena stroke 33 % lebih besar.

Keempat hal di atas merupakan bahaya yang bisa Anda alami jika sering melakukan lembur. Kebiasaan lembur memang sangat buruk bagi kesehatan karena beberapa hal seperti lamanya duduk di depan komputer, jarang olahraga, pola makan tidak teratur, dan istirahat kurang. Kombinasi ini tentu sangat membahayakan kesehatan tubuh. Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa mensiasati hal ini? Anda bisa memanfaatkan waktu selama bekerja dengan sebaik mungkin.

Sehingga Anda tidak memerlukan waktu ekstra untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Kemudian imbangi dengan makan makanan yang sehat dengan teratur. Jangan sering-sering mengonsumsi makanan cepat saji. Lakukan olahraga secara rutin. Jika Anda tidak sempat melakukan olahraga setelah pulang kerja, Anda bisa mengganti jadwal berolahraga pada pagi hari atau saat berakhir pekan. Setelah itu, istirahat yang cukup dan hindari semua hal yang berhubungan dengan kantor saat berada di luar kantor.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...