Brain Food

8 Makanan Ini Baik Bagi Otak dan Mampu Meningkatkan Produktivitas Kerja

Sebagai seorang pekerja, tentu saja otak Anda akan aktif setiap hari dan setiap waktu. Oleh karena itu, diperlukan asupan-asupan tertentu yang dapat membantu untuk regenerasi sel-sel otak. Dalam proses kerja ketika menerima stimulus, otak cukup mampu memberikan respon koordinasi yang cukup kompleks dengan melibatkan sel-sel dan sistem saraf yang ada.

Dengan demikian, tentu saja jika Anda sering melibatkan otak untuk berpikir, belajar, Anda harus menyeimbangi dengan asupan-asupan yang baik untuk meningkatkan kinerja otak Anda. Hal ini untuk menghindari menurunnya daya kerja otak Anda, kelelahan, pusing, dan gangguan lainnya.

Adapun 8 makanan yang dapat digunakan untuk meningkatkan nutrisi bagi otak Anda.

1. Buah Apel

Buah Apel

Buah apel memiliki beberapa nutrisi yang dapat melindungi otak dari kerusakan oksidatif yang berdampak muncul penyakit alzheimer dan parkinson. Senyawa antioksidan dalam buah apel, khususnya vitamin C dan quercetin dapat bekerja sebagai nutrisi otak yang mencegah kerusakan memori. Selain itu, quercetin dapat meningkakan aktivitas antioksidan di dalam darah guna mereduksi tingkat kolesterol LDL yang dapat merusak aliran darah sehingga menurunkan resiko serangan jantung dan stroke.

2. Daging Sapi

Daging Sapi

Daging sapi kaya akan vitamin B12, zat besi, dan zinc yang dapat mempertahankan jaringan saraf yang sehat. Protein yang cukup tinggi pada daging sapi juga dapat membantu perkembangan otak pada anak. Dan vitamin B12 di dalam daging sapi dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi sehingga Anda dapat menjadi lebih fokus dalam bekerja.

3. Minyak Ikan

Minyak Ikan

Merupakan salah satu konsumsi paling praktis yang mengandung banyak asam lemak omega 3 dan berfungsi untuk mengatur fungsi otak. Dengan mengkonsumsi minyak ikan secara rutin, sel-sel otak akan semakin aktif dalam melakukan regenerasi. Anda bisa memperoleh di toko obat, atau dengan mengkonsumsi banyak ikan-ikanan seperti salmon, tuna, dan sebagainya.

4. Cokelat

Cokelat

Cokelat murni (dark chocolate) memiliki kandungan flavanol yang tinggi sehingga mampu menjaga kesehatan otak. Memiliki fungsi yang hampir serupa dengan brokoli, untuk menunda terjadinya demensia yang berujung pada pikun. Bagi Anda penggemar coklat, mungkin hal ini dapat menjadi konsumsi rutin Anda secara berkala atau pendamping saat Anda sedang menghadapi load kerja yang sangat tinggi.

5. Brokoli

Brokoli

Kaya akan vitamin dan kolin. Kolin sangat penting untuk menjaga kesehatan bagian otak yaitu neurotransmitter dan meningkatkan daya ingat. Selain itu, vitamin yang terkandung di dalam brokoli, yaitu vitamin K dapat menunda demensia seiring bertambahnya usia, sehingga kestabilan kemampuan kognitif Anda dapat terjaga. Makanlah brokoli rebus secara rutin dapat menjadi alternatif menjaga kesehatan otak Anda.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Pada kacang-kacangan seperti almond, kenari, kacang tanah, banyak mengandung nutrisi seperti omega 3, omega 6, folat, vitamin E dan vitamin B6. Semua nutrisi tersebut sangat berguna bagi otak mulai dari meningkatkan daya tahan otak, menunda pelemahan memori karena faktor usia, hingga memperlancar sirkulasi darah di dalam otak.

7. Blueberry

blueberry

Buah blueberry sangat diperkaya dengan vitamin dan zat antioksidan. Zat antioksidan inilah yang sangat dikenal bisa meningkatkan daya ingat yang rentan dipengaruhi oleh faktor usia. Beberapa studi yang dilakukan, antioksidan dapat menghilangkan radikal bebas, dan menurunkan stres oksidatif yang dapat mempengaruhi otak.

8. Telur

Telur

Telur memiliki tingkat protein yang tinggi, termasuk kolin. Nutrisi ini dikenal banyak mengandung nutrisi penting. Pilihlah telur yang alami, dan bukan berasal dari peternak ayam yang menggunakan obat-obatan agar kandungan nutrisinya terjaga. Pada telur yang belum terkontaminasi mengandung kolesterol baik dan DHA yang berguna untuk menjaga neuron otak.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...