Olahraga Ringan di Kantor

5 Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Di Kantor

Siapa bilang kerja di kantor itu enak? Kerja di kantor apalagi kalau seharian di depan komputer juga membuat badan capek. Kurang gerak inilah yang membuat badan menjadi agak kaku dan perlu peregangan.

Sayangnya masih banyak kantor yang tidak menyediakan space olahraga untuk pegawainya. Padahal pegawai itu perlu untuk berolahraga sejenak di tengah kesibukan kantor. Ya minimal agar bisa mengembalikan mood kerja, sehingga kerja bisa lebih produktif.

Bacaan terkait : Jadilah Pegawai Yang Tetap Produktif di Segala Musim

Dengan diselingi olahraga, kesehatan tubuh Anda juga tetap akan terjaga.

Tapi jangan khawatir, meskipun Anda sedang di kantor, olahraga bisa tetap dilakukan. Berikut ini ada 5 olahraga ringan yang bisa Anda lakukan di kantor.

#1 Chair dips.

Olahraga ringan ini dengan memanfaatkan kursi kerja Anda. Pastikan kursi kerja Anda kuat, agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Caranya sangat mudah, kursi tinggal diletakkan di belakang Anda. Lalu dengan posisi membelakangi kursi, Anda pegang lengan kursi tersebut. Ambil posisi yang nyaman saat pegangan, lalu dengan lutut ditekuk, Anda tinggal naik turunkan lengan Anda. Lebih jelasnya lihat ilustrasi di bawah ini.

Chair dips.

#2 Wall Sits.

Kali ini dengan memanfaatkan dinding ruang kerja Anda. Cari dinding yang agak luas, lalu letakkan tubuh Anda di dinding dengan posisi menyender tapi seperti orang duduk di kursi. Otomatis kaki Anda akan menekuk, dan dalam posisi inilah tahan hingga 60 detik. Lihat ilustrasi di bawah ini.

Wall Sit

#3 Chair Leg.

Jika Anda ingin berolahraga ringan di kantor dengan tujuan untuk menguatkan otot-otot perut dan pahan Anda. Maka olahraga ini sangat tepat dilakukan di kantor. Caranya mudah, tetaplah duduk di kursi dengan posisi tegak. Lalu angkat kedua kaki Anda secara bersama-sama naik turun secara perlahan. Lakukan hingga 20 kali. Kombinasikan dengan pengaturan nafas. Ketika kaki naik, ambil nafas panjang melalui hidung, lalu ketika kaki turun buang nafas lewat mulut. Lihat ilustrasi di bawah ini.

Chair leg

#4 Chair lunges.

Gunakan kursi Anda lagi, taruh di belakang Anda dan posisi Anda berarti membelakangi kursi. Lalu taruh salah satu kaki Anda di atas kursi. Dengan kedua tangan di pinggang atau bisa juga telentang ke samping, bergeraklah naik turun secara berlahan sebanyak 10 kali. Lalu ganti dengan kaki lainnya. Olahraga ringan ini bisa melatih keseimbangan dan menguatkan otot paha dan perut. Lihat ilustrasi di bawah ini.

Chair lunges

#5 Desk push-ups.

Yang terakhir adalah menggunakan media meja. Setelah tadi kursi, meja pun bisa Anda manfaatkan untuk olahraga. Pegang tepian meja, lalu lakukan gerakan push-ups seperti biasa. Lalu sebanyak 10 gerakan sebanyak 3 kali. Pastikan ketika push-ups, kaki atau badan Anda lurus. Lihat ilustrasi di bawah ini.

Desk push-ups

 

Nah, itulah 5 olahraga ringan yang bisa Anda lakukan di kantor. Sangat simple dan tidak mengganggu rekan kerja Anda. Yang penting adalah pastikan Anda mengatur waktu dengan benar. Dan jangan menghabiskan waktu di kantor untuk olahraga. Karena di kantor adalah tempat kerja bukan tempat olahraga. Olahraga ringan ini hanya digunakan sebagai selingan saja agar tidak jenuh di kantor dan tetap bisa menjaga kebugaran tubuh. 🙂

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...