Meningkatkan Produktivitas Kerja
(c) http://www.kubiktraining.com/

Jurus Handal Meningkatkan Produktivitas Kerja

Dalam bekerja, selain keinginan untuk menjadi karyawan super tentu saja sebelum mencapai tahap tersebut produktivitas Anda harus terjaga bahkan harus ditingkatkan. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas

Menyusun rencana kerja

Menyusun rencana kerja merupakan syarat mutlak untuk meningkatkan produktivitas. Rencana kerja merupakan jalan yang akan Anda lewati dalam menyelesaikan serangkaian pekerjaan. Rencana tetap harus disusun meskipun nantinya Anda dapat melaksanakan sepenuhnya rencana tersebut atau tidak.

Menghilangkan gangguan

Seringkali tidak selesainya pekerjaan dikarenakan banyaknya “sponsor” yang muncul pada waktu pengerjaan tugas. Anda bisa menyusun ulang jadwal untuk “sponsor” yang muncul sehingga paling tidak dapat mengurangi gangguan. Bersikaplah tegas terhadap gangguan yang muncul, apabila bukan sifatnya yang urgent maka Anda bisa mengatur ulang jadwal.

Delegasikan tugas yang kurang penting

Jika Anda seorang atasan, lebih baik Anda menyerahkan tugas administrasi ke bawahan Anda. Sehingga Anda nanti akan terbantu dengan melakukan pengecekan sekaligus dengan melakukan analisa. Selain itu, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan pengembangan sehingga produktivitas Anda juga kian meningkat.

Lakukan Evaluasi Kerja

Melakukan evaluasi kerja merupakan keharusan. Anda dapat menganalisa kelebihan dan kekurangan guna perbaikan kinerja dan mengetahui apa potensi yang Anda miliki sehingga dapat dikembangkan. Selain evaluasi terhadap kinerja pribadi, melakukan evaluasi terhadap kinerja tim juga diperlukan agar suasana kerja tim dapat terbangun dengan optimal.

Kurangi media sosial saat Anda bekerja

Mengurangi media sosial agar Anda dapat tetap fokus terhadap pekerjaan Anda. Karena dapat dipastikan ketika Anda membuka media sosial, Anda akan kesulitan melacak waktu yang terbuang. Jadi, lebih baik mencari hal lain untuk mengalihkan sejenak dari kejenuhan Anda dalam bekerja.

Istirahat cukup

Istirahat cukup berguna untuk menghimpun tenaga dan energi agar dapat tetap bekerja. Selain itu, agar anda tidak mudah mengantuk ketika bekerja dan juga stamina tetap terjaga sehingga tidak mudah sakit. Karena sekalinya Anda jatuh sakit, maka banyak pekerjaan Anda yang tertunda.

Olahraga teratur

Olahraga teratur merupakan salah satu alternatif untuk memperlancar peredaran darah. Dengan posisi kerja yang hanya duduk di belakang meja, tentu saja membuat peredaran darah kurang lancar. Tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, cukup ketika pagi hari bangun tidur Anda menyempatkan gerakan kecil sederhana sebelum Anda pergi mandi.

Demikianlah tips untuk meningkatkan produktivitas. So, keep productive keep healthy…

Miftha Karima

Perempuan biasa, memiliki background Psikologi. Menyukai hal-hal terkait dengan pengembangan diri, training, HRD, karywan, dan sharing ilmu

Website - Twitter - Facebook

You may also like...