Interview Kerja

Mencari Pertanyaan Interview Yang Sering Ditanyakan? Baca Ini Dulu!

Entah kenapa hingga saat ini masih saja banyak calon pegawai yang mencari pertanyaan interview yang sering ditanyakan. Padahal itu sangat tidak penting. Mengapa saya katakan tidak penting? Karena interview itu sangat gampang.

Sayangnya banyak orang beranggapan bahwa interview itu menyeramkan, seolah-olah sebagai penentuan diterimanya di perusahaan yang ia lamar.

Coba lihat dulu, sejatinya interview itu apa. Interview itu hanya sebatas obrolan antara pelamar kerja dengan pimpinan perusahaan atau HR. Just obrolan…

Tapi kenapa takut? Mesti nyari pertanyaan interview yang sering ditanyakan? Hellow… orang perusahaan itu harus mengerti latar belakang pelamar sebelum ia benar-benar memberikan keputusan.

Anda takut dan ingin mencari pertanyaan interview di Google mungkin disebabkan karena Anda seperti ini…

#Tidak Pandai Berbicara

Ya, Anda pasti tidak pandai berbicara. Lantas mencari pertanyaan interview dengan harapan bisa mengarang jawabannya terlebih dahulu. Sehingga Anda punya waktu untuk menghafal. Ingat, interview itu bukan ujian tertulis. Sekali lagi, interview hanya obrolan. Anda saja yang terlalu berlebihan menanggapi interview.

Bawa saja secara santai saat interview, tenang dan anggap sedang mengobrol dengan teman. Tapi ingat, jaga sopan santun.

#Anda Tak Jujur

Bisa jadi Anda tak jujur saat melamar kerja. CV Anda bohong, dan Anda berharap dengan mencari pertanyaan interview bisa mengarah kebohongan untuk dipersiapkan nanti ketika interview.

Baca juga: 5 Penyebab Kegagalan Saat Interview Kerja

Hey…sekali lagi, interview itu adalah media untuk mencari tahu diri Anda. Jika Anda bohong, jangan harap Anda bisa diterima. Jujur saja apa dengan apapun yang ada di diri Anda. Tak perlu mengatakan hal bohong hanya untuk sebuah posisi pekerjaan. Kalau pun Anda nanti diterima karena kebohongan Anda, niscaya ke depannya Anda juga tidak lancar berada di perusahaan tersebut.

#Anda Memang Penakut

Bisa jadi Anda orangnya memang penakut, minderan dan grogian. Apalagi bertemu orang penting yang memiliki jabatan lebih tinggi. Janganlah, jangan begitu. Anda bekerja itu tidak hanya sekedar untuk mencari uang, tapi juga sebagai sarana untuk belajar. Mengasah hard skill dan soft skill. Interview adalah momen yang tepat untuk Anda bisa lebih berani, tidak grogi dan menjadi pribadi yang lebih matang.

Mulai saat ini tidak perlu mencari pertanyaan yang sering diajukan ketika wawancara kerja. Tidak ada gunanya. Percaya deh.

Lebih baik, siapkan diri Anda menjadi pribadi yang lebih baik, lebih berani, berwawasan luas dan pandai berkomunikasi. Itu justru yang akan menjadi modal utama ketika Anda interview. Jawab saja apa yang ditanyakan oleh interviewer kepada Anda. Tampilkan sisi positif Anda ketika interview, maka mereka akan menilai Anda dengan positif juga.

Karena jika hanya mendapatkan informasi pertanyaan interview dari internet, lalu Anda mencoba mengarah jawaban, nanti pasti akan ketahuan. Anda justru akan blank dan grogi saat interview. Karena Anda terbebani dengan hafalan jawaban.

So, tidak perlu mencari pertanyaan interview yang sering ditanyakan. 🙂 Artikel ini hanya sekedar memotivasi kita semua untuk lebih mengoptimalkan sisi positif dan potensi yang ada di diri kita. Semoga bermanfaat.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...