Interview Dalam Bahasa Inggris
(c) http://www.cendekia.sch.id

Ketika Harus Interview Dalam Bahasa Inggris, Tips Ini Akan Membantu Anda

Interview bahasa Inggris? Siapa takut. Yup, beberapa interview yang dilakukan oleh perusahaan asing seringkali Anda sebagai calon karyawan diminta untuk berbicara bahasa Inggris. Namun sayangnya, tidak jarang para calon karyawan membeku dan hanya tersenyum ketika diminta untuk speaking in English. Oleh karena itu, saya mau berbagi tips bagaimana agar sukses interview bahasa Inggris.

Buatlah draft perkenalan dalam bahasa Inggris

Banyak calon karyawan yang membeku ketika diminta untuk berbicara bahasa Inggris karena nge-blank, alias tidak tahu apa yang harus mereka omongkan. Jadi, saya menyarankan agar Anda membuat draft perkenalan dalam bahasa Inggris, dan hafalkan. Paling tidak draft yang sudah Anda hafalkan tersebut cukup memberikan ide ketika Anda diminta untuk bercerita.

Hafalkan vocab untuk percakapan sehari-hari

Tidak perlu terlalu ribet dengan hal menghafalkan vocab. Hal ini lebih pada plan B jika interviewer mengajak Anda berbicara bahasa Inggris dengan topik lain di luar draft yang sudah Anda ciptakan. Cukup menghafalkan 5 kata sehari di waktu luang, dan mempraktekkannya. Pada intinya, bahasa adalah digunakan, bukan hanya dihafalkan.

Percaya diri

Hal yang terlihat mudah namun cukup sulit untuk dipraktekkan. Kebanyakan orang merasa kurang percaya diri dan merasa takut ketika diminta untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Dengan alasan takut salah, dan takut lawan bicara tidak memahami apa yang diucapkan pada dasarnya hanya ketakutan belaka. Faktanya, lawan bicara tidak menilai pengucapan Anda dari grammar, namun bagaimana Anda menyampaikan. Mereka memahami kosa kata yang Anda sampaikan. Dan, jika ada bagian yang mereka tidak paham, mereka tentu saja akan bertanya kembali kepada Anda. Jadi, untuk apa Anda merasa takut?

Berlatih dengan orang lain

Sukses interview dalam bahasa Inggris bukan berarti Anda harus benar-benar pintar dalam bahasa Inggris, namun cukup dengan banyak latihan merupakan modal cukup. Setelah Anda membekali dengan draft dan vocab yang telah dihafalkan, berlatihlah dengan teman seperjuangan. Mintalah mereka mengajak Anda berbicara dalam bahasa Inggris. Jika Anda tidak menemukan teman, gunakanlah fasilitas media sosial untuk chatting dengan teman dari luar negeri. Mudah bukan? Ingat, yang paling penting adalah terus berlatih agar vocab yang Anda hafalkan tidak lupa.

Tetap tenang selama interview

Ketika tiba waktu interview, usahakan diri Anda untuk tetap tenang dan tidak panik agar apa yang sudah dipelajari tidak terbuang percuma. Lakukan semua dengan perlahan tapi pasti, ucapkan kalimat-kalimat bahasa Inggris dengan tegas dan jelas. Jangan takut salah, karena semakin Anda takut salah, maka semakin Anda membuat kesalahan. Mungkin Anda bisa mencari beberapa referensi di youtube terkait dengan wawancara agar Anda memiliki sedikit gambaran dan membuat Anda tetap tenang nantinya ketika interview. Keep Calm And Stay Interview guys….

Demikianlah tips trik kali ini tentang sukses interview dalam bahasa Inggris, jadi tidak ada alasan lagi untuk takut ketika melakukan interview. Terus berlatih dan persiapkan dengan matang, sukses untuk Anda…

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...