Wawancara Kerja

Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja Yang Sulit Dijawab

RuangPegawai.com – Biasanya ketika datang ke interview kerja atau wawancara kerja, pasti akan ditanya pertanyaan-pertanyaan yang kadang membuat Anda bingung dan sulit menjawabnya. Padahal sebelumnya Anda sudah mencari contoh pertanyaan interview kerja di internet.

Itu memang hal biasa, terlebih jika Anda adalah seorang fresh graduate yang belum pernah merasakan wawancara kerja sebelumnya. Tapi tenang, itu semua bisa diatasi. Karena setiap masalah pasti akan ada jalan keluarnya.

Dan sebenarnya tidak ada pertanyaan interview kerja yang sulit. Interview kerja bukanlah ujian masuk perguruan tinggi. Pihak perusahaan memberikan beberapa pertanyaan itu hanya untuk mengukur seberapa luas wawasan Anda, seberapa cakap Anda berbicara dan seberapa antusias Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Jadi daripada mencari tahu di internet tentang contoh-contoh pertanyaan wawancara kerja, lebih baik persiapan diri agar memiliki wawasan pemikiran yang luas dan terbuka. Karena orang-orang yang punya pemikiran luas, pastinya akan mudah menjawab pertanyaan apapun itu.

Misalnya saja ketika mendapatkan pertanyaan yang sulit dijawab seperti tentang besaran gaji yang diinginkan. Pasti Anda akan merasa bimbang, jika mendapatkan pertanyaan ini. Jika menjawab sebuah nominal gaji takutnya nanti tidak diterima, kalau menjawab sesuai dengan kebijakan perusahaan takutnya nanti tidak mendapatkan gaji yang sesuai dengan keinginan.

Nah, contoh pertanyaan interview mengenai gaji tersebut perlu membutuhkan pemikiran yang luas. Karena masalah gaji ini tidak bisa diukur dari satu sisi saja.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika ditanya ingin gaji berapa :

Yang pertama, adalah ketahui UMK yang ada di kota tersebut. Ini penting, karena UMK adalah standart minimal seorang pegawai di gaji. Karena kalau di bawah itu, perusahaan bisa ke sanksi.

Yang kedua, melihat kebutuhan hidup Anda. Maksudnya gini, jika nanti Anda diterima di perusahaan tersebut, apakah Anda akan tinggal di kost? Lalu jarak antara rumah dengan kantor seberapa jauh, apakah di perusahaan itu nanti sudah mendapatkan makan gratis? Kebutuhan-kebutuhan pokok inilah yang bisa Anda jadikan acuan untuk menentukan berapa gaji yang diinginkan.

Yang ketiga, adalah lihatlah kemampuan Anda. Seorang pegawai akan digaji tinggi jika ia memang memiliki keahlian dibidangnya. Tapi yang lebih penting adalah seberapa besar keahlian tersebut dapat digunakan untuk berkontribusi untuk mengembangkan perusahaan. Jangan takut untuk mengatakan gaji yang tinggi jika Anda memang bisa mempertanggungjawabkan.

Dari tiga hal di atas, Anda harus menyampaikannya dengan attitude yang baik. Dan berikan penjelasan kenapa Anda meminta gaji sebesar itu. Karena pertimbangan yang masuk akal, akan membuat pihak perusahaan paham bahwa Anda layak untuk digaji sedemikian itu.

Pertanyaan Seputar Kelebihan dan Kekurangan

Pertanyaan interview kerja lain yang kadang membuat sulit untuk dijawab adalah seputar kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki. Sebenarnya sih ini pertanyaan yang mudah-mudah saja. Tapi akan sulit jika Anda memiliki prasangka yang buruk. Misalnya jika nanti mengatakan kekurangan yang sebenarnya takut tidak diterima di perusahaan. Atau jika mengatakan kelebihan malah belum tahu kelebihannya apa.

Mudah saja, Anda cukup menjelaskan kelebihan dan kekurangan yang memang ada di dalam diri Anda. Tapi yang ada hubungannya dengan pekerjaan Anda nanti.

Misalnya Anda orangnya suka menunda pekerjaan. Jelaskan kekurangan itu, tapi berikan penjelasan bahwa Anda akan mencoba untuk merubah memperbaiki kekurangan itu di perusahaan ini. Karena di perusahaan ini Anda bekerja sesuai dengan passion Anda dan lingkungan kerjanya juga menyenangkan. Ini contohnya saja.

Intinya adalah jangan takut mengatakan kekurangan Anda tapi berikan penjelasan bahwa Anda merubahnya.

Pihak perusahaan memberikan pertanyaan seperti ini juga sebagai pertimbangan apakah Anda cocok untuk bekerja di posisi tersebut. Karena sejatinya perusahaan ingin mendapatkan pegawai yang baik dari sisi kinerja maupun sikap. Tapi perusahaan tetap akan memberi kesempatan bagi Anda yang memang ingin melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Jadi cara menjawab pertanyaan interview kerja yang sulit adalah jangan buat pikiran Anda merasa itu sulit untuk dijawab. Jadilah diri Anda dan lakukan perubahan.

Tips ini tidaklah 100% benar, ini hanyalah tips dari penulis saja. Selebihnya adalah cara Anda untuk mengeksplore diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...