Menghemat Gaji Bulanan
(c) http://www.dinovocga.com/

Tips Menghemat Gaji Bulanan Supaya Tanggal Tua Tak Merana

Di zaman kebutuhan yang semakin meningkat, dan harga-harga yang semakin menjulang, tentu saja banyak pegawai yang merasakan bahwa gaji yang diterima tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan demikian, tidak ada salahnya untuk mengelola keuangan dari penghasilan yang didapatkan.

Ada teori ekonomi yang dikemukakan oleh Adam Smith, bahwa “Manusia adalah Homo Economicus“. Artinya, seberapa besar penghasilan yang kita terima maka kebutuhan yang ingin kita penuhi juga semakin meningkat.

Untuk itulah perlunya mengelola keuangan dari gaji yang telah kita dapatkan agar bisa hemat dan tidak membuat tanggal tua menjadi merana.

Berikut ini tips menghemat gaji bulanan Anda agar bisa dimanfaatkan satu bulan penuh dan menjauhkan dari yang namanya “hutang“.

1. Ketahui Kebutuhan Anda Setiap Bulan, lalu Buatlah Anggaran Bulanan

Gaji yang Anda dapatkan ini akan digunakan untuk apa? Jangan sampai Anda tidak memiliki plan dari penghasilan yang Anda dapatkan. Buatlah anggaran bulanan Anda secara rinci dan teliti. Kelompokkan kebutuhan yang bersifat pokok dan opsional. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengatur pengeluaran nantinya.

2. Hindari Tunggakan Tagihan Dengan Segera Membayar Tagihan-Tagihan Yang Ada

Setelah Anda mengelompokkan pengeluaran melalui Anggaran Bulanan, Anda bisa segera mengambil beberapa penghasilan Anda untuk membayar tagihan-tagihan yang bersifat pokok. Misalnya tagihan listrik, tagihan air, tagihan telepon, kredit motor, kredit rumah dll.

3. Jangan Habiskan Penghasilan Anda, Cobalah Untuk Menyisihkan Dalam Tabungan

Tips ini adalah tips menghemat gaji bulanan, jadi kalau sampai Anda menghabiskan penghasilan Anda dalam waktu satu bulan, itu namanya tidak menghemat. Cobalah untuk menyisihkan beberapa lembar uang untuk ditabung. Dana tabungan ini bisa Anda manfaatkan jika sewaktu-waktu membutuhkan uang yang sifatkan urgent. Sehingga Anda tidak akan kerepotan ketika mencari dana tambahan.

4. Yang Dikeluarkan Setiap Hari Catatlah Dalam Laporan Sederhana

Buat laporan keuangan harian. Catat segala aktifitas keuangan Anda setiap hari baik transaksi masuk maupun keluar. Hal ini bertujuan sebagai pembanding dari Anggaran Bulanan yang telah dibuat. Sehingga bulan berikutnya bisa memprediksi lebih jauh kebutuhan pengeluaran dan bisa menyusun anggaran bulanan lebih tepat lagi.

5. Pikirkan Masa Depan Dengan Mencoba Untuk Berinvestasi

Jika Anda saat ini masih single, tentu ini hal bagus. Karena kebutuhan belum terlalu besar. Untuk itu, cobalah untuk memikirkan masa depan Anda dengan berinvestasi. Menabung juga pilihan investasi yang baik, namun menabung kurang memberikan dampak yang signifikan terhadap finansial Anda dikemudian hari. Cobalah untuk memilih investasi yang minim risiko dan modal yang kecil, misalnya Investasi Reksana. Dengan investasi pada beberapa tahun ke depan Anda akan mendapatkan nilai finansial yang lebih dari nilai investasi yang Anda gunakan.

Baca juga: Gaji Bulanan Sudah Diterima, Ini Yang Perlu Kamu Lakukan Pertama Kali

Itulah beberapa tips menghemat gaji bulanan Anda. Lebih baik gaji bulanan habis total, tapi sebagian disisihkan untuk ditabung atau diinvestasikan daripada habis total untuk kebutuhan belanja yang tidak ada gunanya. 🙂

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...