Guru Honorer
ilustrasi rumahbelajar.web.id

Pilihan Bisnis Sampingan Guru Honorer atau Non PNS

RuangPegawai.com – Sangat kagum dengan seorang guru honorer atau non PNS yang tetap mengabdi untuk pendidikan tanpa mempermasalahkan apakah dia sudah PNS atau belum. Ya meskipun kenyataannya menjadi PNS bakal mendapatkan tunjangan dan gaji yang lebih besar, tapi guru honorer yang tetap tulus mengajar itu tidak bisa tergantikan nilainya dengan uang berapapun besarnya.

Karena daripada terus menuntut agar diangkat menjadi PNS yang itu belum tentu waktunya, lebih baik mensyukuri apa yang telah diberikannya sekarang dan mencari solusi agar kebutuhan hidup tetap bisa terjaga. Salah satunya dengan mencari bisnis sampingan guru honorer.

Guru honorer biasanya memiliki waktu luang yang cukup banyak dibandingkan guru PNS. Untuk itu waktu luang ini sebaiknya bisa dikonversikan untuk hal-hal positif yang syukur-syukur bisa menambah penghasilan bulanan.

Ada beberapa usaha sampingan yang bisa dilakukan guru honorer, berikut diantaranya :

#Membuka Les Privat atau Bimbingan Belajar

Guru Les Privat

image via https://lbbeinstein.wordpress.com/

Baik guru honorer maupun yang sudah PNS sama-sama memiliki pengetahuan yang sama di bidangnya masing-masing. PNS atau hanya masalah administrasi saja. Untuk itu, guru honorer berhak untuk membuka les privat atau mungkin lembaga bimbingan belajar untuk para siswa.

Usaha bimbel seperti ini sekarang sudah seperti bisnis pakaian dan makanan, karena tidak akan ada masanya. Modal utama hanya ilmu saja. Kalau punya modal uang lebih ya bisa buat tempat les yang bagus, tapi jika tidak punya modal uang ya cukup dilakukan di rumah saja.

Bisnis sampingan ini tentu sangat bisa dilakukan oleh semua guru. Ya karena apa yang dikerjakan juga sama, sama-sama mengajar. Cuma biasanya di bimbel ada trik-trik khusus yang diajarkan kepada siswa agar bisa lebih mudah menyerap pelajaran.

Jangan sepelekan bisnis seperti ini, jika ternyata testimoni dari siswa yang belajar di bimbel seorang guru honorer sangat bagus, bisnis sampingan ini pun bisa dikembangkan. Moga-moga bisa jadi bisnis franchise seperti lembaga bimbel yang banyak tersebar sekarang ini.

#Membuka Jasa Penulis Lepas

Penulis Lepas

Hanya berbekal ilmu yang dimiliki, seorang guru honorer mampu membuka berbagai bisnis sampingan, salah satunya membuka jasa penulis lepas. Bisa bekerja sama dengan penerbit untuk menulis buku-buku mata pelajaran. Atau jika sekarang eranya internet, bisa membuka jasa penulis artikel bagi pemilik website.

Hasilnya pun lumayan jika bisa dilakukan dengan tekun.

Usaha semacam ini tentu juga bisa menambah pengalaman dan wawasan karena menulis akan menambah kasanah pengetahuan seseorang.

#Membuka Warung Tenda

Warung Tenda

image via profilusaha.blogspot.com

Jika tak mau membuka usaha yang berhubungan dengan pendidikan, cobalah untuk membuka warung tenda. Apalagi kalau Anda memang suka dunia kuliner. Warung tenda yang bisa buka mulai sore hari hingga malam hari. Karena siang Anda cukup punya waktu luang, jadi bisa digunakan untuk persiapan.

Bisnis sampingan warung tenda ini pun cukup prospek, terlebih jika Anda punya cita rasa masakan yang berselera.

#Menerbitkan Buku

Penulis Buku

Jika tadi hanya menjadi penulis lepas untuk membantu orang lain, kini Anda bisa mencoba untuk menjadi penulis buku. Banyak guru-guru yang memiliki usaha sampingan ini, yakni membuat buku-buku seputar dunia pendidikan. Asal rutin menerbitkan buku dan Insha Allah penghasilan sampingan dari buku tetap akan mengalir.

Keuntungan lain jika Anda menjadi penulis adalah jika buku Anda menjadi best seller. Buku yang best seller peluangnya akan lebih besar, bisa jadi Anda diminta menjadi pembicara seminar atau workshop. Dan ini pun pasti juga bisa menambah penghasilan Anda.

#Berbisnis Online

Bisnis Online

Jika Anda termasuk guru yang suka dunia online, bisa mencoba beberapa bisnis online yang ada. Misalnya saja dengan membuat sebuah blog seputar pendidikan lalu bekerjasama dengan media periklanan untuk menghasilkan uang. Atau mencoba untuk membuat channel YouTube dengan video-video seputar pendidikan.

Sebenarnya banyak sekali bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh guru honorer. Intinya adalah mau atau tidak melakukannya. Daripada hanya termenung lesu mengharapkan untuk segera diangkat menjadi PNS, lebih baik berkarya dengan apa yang dikuasainya untuk menghasilkan sesuatu yang bermakna.

Yakinlah rejeki tak pernah tertukar. Dan apabila hingga bertahun-tahun Anda belum diangkat menjadi PNS, itu artinya Anda diberi kesempatan untuk berkembang dan mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Semangat dan tetaplah mengabdi untuk negeri!

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...