Usaha Rumahan
Ilustrasi via www.masfrandy.com

5 Bisnis Rumahan Untuk Karyawan

Saya menyadari tidak semua pendapatan yang diterima oleh karyawan bisa mengcover segala kebutuhan hidupnya. Tapi saya juga sangat percaya jika berapa pun pendapatan yang diterimanya pasti tetap bisa untuk mempertahankan hidupnya.

Karena pendapatan yang sudah dikaji berdasarkan KHL (Kebutuhan Hidup Layak) lantas menjadi sebuah UMK, pastinya sudah bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kalaupun tidak mencukupi, biasanya seorang karyawan memiliki gaya hidup yang tidak sewajarnya dengan apa yang didapatkannya.

Itu tidak masalah, yang terpenting adalah bagaimana cara untuk memenuhi segala keperluannya, baik itu melalui penghasilan dari pekerjaan atau dari bisnis sampingan yang dilakukan.

Nah, bicara masalah bisnis sampingan, kali ini saya akan sedikit share beberapa bisnis rumahan untuk karyawan. Harapannya, selain mengandalkan penghasilan dari pekerjaan, karyawan juga bisa secara mandiri menghasilkan pendapatan dari usaha sampingan.

Ada 5 usaha sampingan yang bisa dicoba.

#1 Membuka Warung Kelontong

Apabila Anda adalah seorang suami yang bekerja dan istri Anda menjadi ibu rumah tangga, coba untuk membuka warung kelontong. Lumayan untuk mengisi kegiatan istri di rumah. Lagipula usaha ini juga tidak terlalu membutuhkan aktivitas yang berat, sehingga istri tetap bisa melaksanakan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga.

Masalah keuntungan yang didapatkan sebenarnya lumayan, terlebih jika di sekitar rumah Anda masih sangat jarang warung kelontong. Jual saja kebutuhan sehari-hari yang biasa dicari. Lumayan kan hasilnya bisa untuk kebutuhan sehari-hari, lantas gaji suami bisa digunakan untuk kebutuhan yang lebih besar lagi.

#2 Membuka Usaha Sayur Matang

Sekarang ini orang mulai malas masak, apalagi kalau para istri juga jadi karyawan. Nah, jika Anda berada di lingkungan seperti ini, coba saja membuka usaha sayur matang. Bisa dijual pas pagi hari atau sore hari. Di tempat saya yang notabene daerah pedesaaan saja orang jualan sayur matang dipagi hari banyak dicari. Tiap pagi antriannya banyak, padahal cuma jual bubur sama beberapa sayur.

Anda pun bisa mencoba membuka usaha ini.

#3 Jualan Pulsa

Sekarang ini kan tiap orang sudah punya ponsel, dan ponselnya pun ponsel pintar yang tiap hari nggak bisa putus dari internet. Itu artinya kebutuhan pulsa telepon seluler tersebut juga semakin besar. Nah, coba saja berjualan pulsa mulai dari pulsa reguler hingga pulsa internet (paket data) yang sekarang banyak dicari.

Berjualan pulsa ini cukup mobile. Artinya meski dilakukan di rumah tapi jika punya jaringan yang luas misal rekan-rekan kantor, bisa disuruh beli pulsa ditempat Anda.

Meski keuntungan kecil, tapi jika mampu meningkatkan jumlah transaksi per hari, untungnya pun juga lumayan. Semua itu kan dimulai dari yang kecil-kecil dulu.

#4 Jualan Baju

Berjualan baju pun bisa dilakukan di rumah. Caranya dengan memanfaatkan media online. Ya, berjualan baju secara online bisa lebih menghemat waktu dan tempat. Lagi pula sekarang eranya sudah digital, tinggal manfaatkan jejaring sosial atau membuat toko online, sudah bisa berjualan.

Tapi ingat, berjualan baju secara online ini juga tidaklah mudah. Perlu kesabaran, mengingat sekarang kompetisi dibidang ini semakin tinggi.

#5 Jualan Aneka Jus

Coba saja untuk berjualan aneka jus. Atau kalau punya dana lebih, bisa membeli waralaba jus yang sudah terbukti kualitasnya. Sehingga Anda tak perlu lagi pusing memikirkan branding, dan bahan-bahannya. Tinggal siapkan modal, tempat usaha maka siap untuk berjualan.

Cukup lumayan lho berjualan minuman jus ini. Apalagi kalau rumah dekat dengan keramaian.

Yang terpenting ketika akan membuka usaha sampingan, pastikan dulu masalah waktu, modal, dan SDM nya. Sekali lagi ini hanyalah sebuah bisnis sampingan, tapi tetap saja harus dipikirkan matang-matang agar tidak mengganggu kegiatan utama Anda.

S Adi Firmansyah

S Adi Firmansyah

Creative Blogger. Ingin sharing pengalaman profesi kerja kamu? Bisa dikirimkan sekarang juga di sini Kirim Artikel Sekarang!

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

You may also like...